Tugas Pa’ Achsan :
1) Mengubah derajat temperatur, dari derajat Celcius ke derajat Fahreinheit dan Reamur (derajat Celcius diinput)
Jawab :
Program Suhu;
Uses crt;
Var C, F, R: Real;
begin
Clrscr;
writeln(‘Pindahiin Suhu yuks !!!’);
writeln;
writeln;
write(‘Suhu Celcius yang kamu ketahui : ‘); readln(C);
writeln;
R:=4/5*(C-32);
writeln(‘Reamurnya : ‘, R:5:1);
writeln;
F:=9/5*(C-32);
writeln(‘Fahrenheitnya : ‘, F:5:1);
TEXTCOLOR(YELLOW);
TEXTBACKGROUND(BLACK);
GOTOXY(21,11);
Writeln(“Gampang khand !!!’);
readln;
end.
2) Menghitung Luas dan Keliling lingkaran, dengan jari-jari diketahui (diinput).
Jawab :
Program Lingkaran
uses crt;
Var Keliling, Luas, J: Real;
begin;
clrscr;
writeln(‘MENGHITUNG LUAS DAN KELILING LINGKARAN’);
writeln(‘-----------------------------------------------------------------------‘);
writeln;
write(‘Masukkan jari-jari yang diketahui : ‘); Readln(J);
writeln;
Luas:=3.14*J*J;
writeln(‘Luasnya : ‘, Luas:9:2);
writeln;
keliling:=2*3.14*J;
writeln(‘Kelilingnya : ‘, keliling:9:2);
readln;
end.
Outputnya :
MENGHITUNG LUAS DAN KELILING LINGKARAN
-----------------------------------------------------------------------
Masukkan jari-jari yang diketahui : 9
Luasnya : 254.34
Kelilingnya : 56.52
3) Menghitung Luas dan Keliling segitiga sembarang yang diketahui ke tiga sisinya.
Jawab :
Program segitiga;
uses crt;
var
alpha,a,b,c,luas : real;
begin
clrscr;
writeln(’program mencari luas segitiga sembarang’);
writeln;
write(’besarnya alpha ? ’);
readln(alpha);
write(’besarnya b ? ’);
readln(b);
write(’panjang c ? ’);
readln(c);
a := sqrt(sqr(b) + sqr(c) -2 * b * c *cos(alpha / 57.2958));
luas := 0.5 * b * c * sin(alpha / 57.2958);
writeln;
writeln(’panjang sisi a = ‘,a:8:2);
writeln(’luas segitiga = ‘,luas:8:2);
outputnya :
program mencari luas segitiga sembarang
--------------------------------------------------
besarnya alpha ? 81
besarnya b ? 45
panjang c ? 23
panjang sisi a = 47.22
luas segitiga = 511.13
4) Mencari nilai Sinus, Cosinus, dan Tangen dengan sudut diinput.
Jawab :
Program Aritmatika;
uses crt;
var Y: integer;
begin
clrscr;
GOTOXY(I5,9)
Write(‘Masukkan nilai dari Y : ‘); readln(Y);
writeln;
GOTOXY(17,10);
Write (‘- Sinus : ‘, SIN(Y):9:3);
writeln;
GOTOXY(17,11);
Write(‘- Cosinus : ‘, COS(Y):9:3);
writeln;
GOTOXY(17,12);
write(‘- Tangen : ‘, ARCTAN(Y):9:3);
readln;
end.
Outputnya :
Masukkan nilai dari Y : 6
- Sinus : -0.279
- Cosinus : 0.960
- Tangen : 1.406
5) Mencari akar dan kuadrat dari suatu nilai (nilai diinput).
Jawab :
Program matematika;
uses crt;
Var X: integer;
begin
clrscr;
write(‘Masukkan nilai dari X : ‘); readln(X);
writeln;
writeln(‘Pangkat’);
writeln(‘----------‘);
writeln(‘Nilai X dipangkatkan : ‘, SQR(X));
writeln;
writeln(‘Akar’);
writeln(‘------‘);
writeln(‘Nilai X diakarkan : ‘, SQRT(X):1:0);
readln;
end.
Outputnya :
Masukkan nilai dari X : 9
Pangkat
----------
Nilai X dipangkatkan : 81
Akar
------
Nilai X diakarkan : 3
6) Mencari nilai bulat dan pecahan dari suatu nilai yang dimasukkan melalui keyboard (diinput). Nilai pecahan tersebut dibulatkan sampai 3 angka dibelakang koma (,)
Jawab :
Program Bilangan;
uses crt;
Var J: Real;
begin
clrscr;
write(‘Masukkan Nilai J : ‘); readln(J);
writeln;
writeln;
writeln(‘Bilangan bulatnya : ‘, INT(J):5:2);
writeln;
writeln(‘Bilangan Pecahan : ‘, FRAC(J):5:3);
readln;
end.
Outputnya :
Masukkan Nilai J : 19.108
Bilangan bulatnya : 19.00
Bilangan Pecahannya : 0.108
7) Tampilkan nama dan NPM anda di dalam window, dan terletak pada tengah-tengah layer
uses crt;
var nama,npm :string;
i:integer;
begin
clrscr;
gotoxy(26,22);
write('masukan nama anda=');readln(nama);
gotoxy(27,23);
write('masukan npm=');readln(npm);
readln;
end.
8) Tampilkan tulisan 'STMIK GUNADARMA' di dalam window pada pojok kanan atas dengan ukuran window sama dengan tulisan tersebut.
algoritma & pemograman 2A
Selasa, 31 Maret 2009Diposting oleh dyan's blog's di 06.17 0 komentar
Langganan:
Postingan (Atom)