Sebuah Tips Memilih dan Membeli Laptop

Selasa, 23 November 2010

Laptop atau Notebook saat ini bukanlah sebuah barang mewah. Dipasaran sendiri harganya bervariasi, kita bahkan bisa mendapatkan laptop baru dengan harga di bawah 5 jutaan. Mungkin pada saat akan membeli kita dihadapkan pada berbagai pilihan yang membuat kita bingung. Pertimbangan yang diambil adalah bagaimana kualitas laptop dihadapkan pada kebutuhan rekan rekan Perwira, yang mungkin bergelut dengan tugas kedinasan. Beberapa tips yang bisa dicoba adalah sebagai berikut :

1. Kegunaan. Ini penting, apakah kita akan menggunakan hanya untuk urusan ketik mengetik, apakah kita seorang gamers sejati, ataukah kita seorang browser aktif. Kalo sekedar untuk urusan pengetikan, tentunya spek akan lebih standar daripada untuk gaming.

2. Kesiapan dana. Hal ini tentunya sangat penting, apabila dana kita cukup, alangkah baiknya untuk mencoba membeli laptop baru. karena kualitas sebuah perangkat elektronik terutama komputer akan menurun seiring waktu penggunaan. Seperti halnya hard disk, memiliki life time tertentu.
3. Merek. Saat ini berbagai merek ditawarkan. Kalo mungkin kita pernah membaca PC media di bagian hardware test, merek belum tentu menjamin kemampuan laptop itu keseluruhan, apakah itu produk Jepang, Eropa atau Cina. Fokuskan pertimbangan ke spek dan kemampuan laptop baru kemudian kita melihat merek produk tersebut.

4. Processor. Intel dan AMD mungkin menjadi pilihan, didasarkan pada kepopularan dan kemampuan yang sudah banyak kita kenal. Teknologi processor saat ini sebanding dengan kelebihan masing masing. Anggapan bahwa jenis processor tertentu akan lebih gampang panas, sebenarnya tidak sepenuhnya benar, apalagi untuk sekarang. Setiap laptop sudah dilengkapi oleh kipas/ fan. Mengenai harga memang AMD lebih murah daripada processor keluaran Intel.

5. Memory. Modul memory pada komputer kita kenal sebagai RAM. Memory atau RAM sebesar 512 MB mungkin cukup untuk menangani pekerjaan kantor. Biasanya kemampuan memory dapat di upgrade sesuai dengan kebutuhan. Sekedar informasi bahwa OS windows vista membutuhkan slot memory minimum sebesar 512 MB. Itupun kinerjanya sangat belum memuaskan. Cobalah dengan memory sebesar 1 GB.

6. Harddisk. Kebutuhan akan ruang penyimpanan data tidak terlalu menjadi persoalan apabila hanya berisi data office, tetapi bila data berbagai macam, terutama multimedia, kita tentunya membutuhkan kapasitas harddisk yang cukup. Mungkin di kisaran 80 GB dapat menjadi pertimbangan. Apabila penuh nantinya, external harddisk dapat menjadi solusi.

7. VGA. Video Graphic Adapter (VGA) untuk kebanyakan laptop tidak ditujukan untuk game, sehingga rata rata speknya sama. Apabila kita gamers sejati, cobalah cari laptop dengan VGA card yang dedicated , bukan yang sharing dengan memory.

8. DVD ROM. Pilihlah laptop yang memiliki drive optic, minimal DVD ROM, karena dapat digunakan untuk membaca data di keping DVD. Apabila ingin spek lebih, pilihlah yang memiliki DVD RW.

9. Jaminan garansi dan purna jual. Pilihlah laptop dengan garansi yang jelas dan pasti, serta harga jual kembali yang tinggi. Ini penting bila laptop kita mengalami kerusakan.

10. Konektivitas. Laptop adalah perangkat yang mobile, butuh akan koneksi seperti Wifi tentunya bila ingin browsing dimana saja. Selain itu untuk transfer data, perlu juga adanya koneksi bluetooth.

11. Operating system. OS yang umum kita kenal dan digunakan tentunya Windows XP. Untuk kedepan kita mengenal OS windows Vista. Soal OS apa yang kita gunakan mungkin akan lebih pada faktor kebiasaan menggunakan. Tidak ada salahnya mencoba windows Vista, karena OS ini lambat laun akan menggantikan XP. Untuk laptop keluaran pertengahan tahun ini hampir semua telah menggunakan OS Vista.
Selamat memilih!

0 komentar: